Berhenti di Perempatan Jalan

4 Mar 2013

283e4c3a7a519a8390b86d214a6f8044_berhenti-di-jalanMemang kendaraan umum memiliki hak untuk berhenti di jalan, bahkan pengemudi kendaraan lain yang berada di belakang kendaraan bermotor umum yang sedang berhenti menurunkan dan/atau menaikkan wajib menghentikan kendaraannya sementara.

Namun bukan berarti kendaraan umum bisa berhenti di sembarang tempat walaupun dalam trayeknya. Kita sering melihat di perempatan atau simpang jalan banyak kendaraan umum yang berhenti di dekat perempatan. Kendaraan umum dilarang berhenti pada tempat tertentu yang dapat membahayakan keamanan, keselamatan serta mengganggu ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan.

ca2c83283772eeab005656d5f0d27013_nunggu-di-perampatanMemang kesalahan belum tentu sepihak pada pengemudi kendaraan umum, karena selama ini yang terjadi adalah calon penumpang yang menunggu di pinggir jalan dekat perempatan jalan. Oleh karena itulah calon penumpang juga perlu mendisiplinkan diri agar menunggu angkutan umum pada tempatnya tidak di dekat perempatan jalan.

Sebenarnya di beberapa tempat sudah ada rambu-rambu yang menunjukkan larangan berhenti (letter S) dalam radius 100 meter dari rambu larangan. Kendaraan umum dilarang berhenti menurunkan dan/atau menaikkan dalam radius tersebut, dan artinya pula calon penumpang dilarang menunggu di kawasan tersebut. Saya kira hal tersebut harus diedukasi terus kepada masyarakat.


TAGS berhenti stop kendaraan umum berhenti letter S larangan berhenti


-

Author

Follow Me