Mengapa Ninik Dijadikan Tersangka?

26 Jan 2013

95e755c1872a2da58992412220c7801b_ninikYogyakarta (27/01) Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Nampaknya pepatah ini tepat bagi Ninik Setyowati (45), warga Jalan Mahoni V, Perumahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah. Ninik pada 6 Agustus 2012 kesenggol truk gandeng pengangkut terigu sehingga menyebabkan anaknya Kumaratih Sekar Hanifah (11) meninggal dunia.

Berbagai pihak menyayangkan sikap Polres Banyumas yang menetapkan Ninik sebagai tersangka karena dianggap lalai mengendara sehingga menyebabkan hilangnya nyawa orang lain. Tidak sedikit yang menyalahkan truk gandeng berpelat nomor AE-8379-UB yang dikemudikan Suparman (60), warga Ngawi, Jawa Timur. Mengapa bukan Suparman yang dijadikan tersangka?

Banyak liputan dan berita yang kurang berimbang sehingga menyudutkan pihak kepolisian. Namun ada satu informasi yang bisa dijadikan alasan mengapa Ninik dijadikan tersangka. Antara Jateng merilis bahwa sebelum kecelakaan terjadi Ninik baru keluar dari halaman Panti Asuhan Darmoyuwono, Jalan Supriyadi, Purwokerto. Baru beberapa meter berjalan, motor yang dikendarai Ninik terserempet truk gandeng tersebut.

Boleh jadi dari informasi tersebut dapat direkonstruksi kronologis sebagai berikut, Ninik yang baru menjemput anaknya buka puasa di panti asuhan keluar halaman menuju jalan raya. Masuk jalan raya dan berbelok ke kiri tanpa memperhatikan apakah kondisi lalu lintas aman untuk dilalui. Keadaan seperti ini banyak dilakukan oleh pengendara motor yang hendak masuk jalan raya langsung saja belok kiri tanpa memperhatikan kendaraan lainnya. Banyak yang langsung nyelonong tanpa menengok arah kanan apakah aman atau tidak.

Jika informasi ini benar, maka secara hukum Ninik memang dianggap lalai karena tidak memperhatikan keselamatan diri dan penumpang yang diboncengkan. AKBP Dwiyono, Kapolres Banyumas (26/01) menyatakan bahwa Dilihat dari konstruksi hukum kelalaian pada ibu korban, namun demikian kepolisian juga menggunakan hati nurani sehingga tidak melakukan penahanan karena ibu korban mengalami kelumpuhan.

bfc667c907d24a4faf249c328fdbbabd_nyelonong-ajaMemang ironis, namun demikian kasus ini bisa djadikan pelajaran bagi pengendara motor: agar tengok dulu ke arah kanan jika hendak belok kiri masuk jalan raya. Jangan langsung nyelonong saja. Jika langsung nyelonong akan membahayakan diri sendiri dan orang lain, juga akan merepotkan orang lain.


TAGS nyelonong ke jalan raya Ninik Ninik Banyumas Ninik tersangka Ninik jadi tersangka


-

Author

Follow Me