Santunan Jasa Raharja Tak Mengenal Benar atau Salah pada Kasus Kecelakaan

6 Oct 2012

1721afc830a91fa759863a0644cd33a5_jasa-raharjaWalaupun berada pada pihak yang salah, jika mengalami kecelakaan di jalan raya dan harus memerlukan perawatan di rumah sakit atau bahkan meninggal dunia tetap berhak mendapatkan santunan Jasa Raharja. Santunan Jasa Raharja tidak hanya diberikan kepada korban kecelakaan pada pihak yang benar, tapi semua korban yang terlibat pada kasus kecelakaan. Artinya santunan Jasa Raharja tidak mengenal pihak yang salah atau benar pada kasus kecelakaan.

Proses pengurusan santunan pun sangat mudah. Hal yang terpenting adalah adanya laporan dan berkas dari kepolisian serta resum medis dari rumah sakit. Oleh karena itu jika pada kasus kecelakaan pihak yang terlibat kecelakaan mengambil jalan damai dan tidak diproses kepolisian maka akan menutup peluang untuk mendapatkan santunan Jasa Raharja.

Namun demikian perlu diketahui bahwa hak santunan akan menjadi gugur atau kedaluarsa jika permintaan diajukan lebih dari 6 bulan sejak terjadi kecelakaan. Adapun cara memperoleh santunan Jasa Raharja adalah sebagai berikut:

  1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat
  2. Mengisi formulir pengajuan dengan melampirkan:
    • Laporan Polisi tentang kecelakaan Lalu Lintas dari Unit Laka Satlantas Polres setempat dan atau dari instansi berwenang lainnya.
    • Keterangan kesehatan dari dokter / RS yang merawat.
    • KTP / Identitas korban / ahli waris korban.
    • Formulir pengajuan diberikan Jasa Raharja secara cuma-Cuma

Bukti lain yang diperlukan

  • Dalam hal korban luka-luka: kuitansi biaya pengobatan yang asli dan sah
  • Dalam hal korban meninggal dunia: kartu keluarga/surat nikah (bagi yang sudah menikah).

Korban yang membutuhkan perawatan dan pengobatan maksimal mendapatkan penggantian sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Bagi korban meninggal dunia ahli waris mendapatkan santunan sebesar Rp. 25.000.0000 (dua puluh juta rupiah).

Untuk menghindari kebocoran pihak Jasa Raharja melakukan pembayaran secara langsung atau pun transfer melalui rekening korban atau ahli warisnya.

Dirangkum dari:

http://jasaraharja.co.id dan Tribun Jogja (04/10/2012)


TAGS santunan santunan jasa raharja jasa raharja korban kecelakaan lalu lintas


-

Author

Follow Me