Diperintah Belok Kiri Jalan Terus, Tapi Jalan Sempit

5 Oct 2012

3d22441230694696ddc287884ccbb9bd_belok-kiri-terus-sempit-1Berdasarkan aturan yang berlaku (UU nomor nomor 22 Tahun 2009 pasal 112 ayat 3) pada setiap persimpangan yang ada lampu APILL normalnya belok kiri dilarang jalan terus jika lampu APILL menyala merah. Namun demikian pada beberapa persimpangan diberi rambu petunjuk baik berupa tulisan maupun lampu APILL yang membolehkan belok kiri jalan terus.

Seperti yang terjadi pada simpang empat Jalan Ipda Tut Harsono dan Jalan Melati Wetan Yogyakarta, dari arah Jalan Ipda Tut Harsono ke utara jika lampu menyala merah ada nyala lampu panah ke kiri warna hijau. Hal ini memberikan perintah kepada pengendara untuk belok kiri jalan terus masuk ke Jalan Melati Wetan walaupun lampu APILL menyala merah.

52b703a7bb310c6cb114ec5e4c91cd07_belok-kiri-terus-sempit-2Namun persoalan menjadi lain karena ruas jalan tidak lebar, sehingga tidak cukup ruang kendaraan apalagi roda empat untuk melintas. Karena sempitnya ruas jalan maka kendaraan menumpuk pada hampir setengah badan jalan ketika lampu APILL menyala merah. Pada kenyataannya kendaraan roda empat tidak bisa belok kiri jalan terus ketika lampu APILL berwarna merah karena tidak ada ruang untuk bergerak. Akhirnya pengendara yang merasa punya hak untuk belok kiri terus menyalakan klakson, sehingga ketika lampu APILL menyala merah suasana pasti hingar bingar.

Memperhatikan kondisi tersebut maka pengaturan rambu belok kiri jalan terus seharusnya mencermati lebar jalan sehingga ketika kendaraan akan belok kiri jalan terus tidak mengganggu kendaraan yang sedang berhenti. Di Yogyakarta ada beberapa persimpangan yang mengatur belok kiri jalan terus namun ruas jalan relatif sempit, di antaranya simpang empat Balai Kota Yogyakarta dari arah barat dan utara.


TAGS lampu APILL belok kiri jalan terus belok kiri


-

Author

Follow Me