Saling Serobot Bukan Perilaku Beradab di Jalan Raya

25 Aug 2012

8b94fc7bfa271f4d6af1e31315015cbc_macet-lebaran-003Yogyakarta (25/08) Walaupun di tengah suasana bulan Ramadhan, sikap sabar masih jauh panggang dari api. Latihan sabar selama menjalankan ibadah puasa nampaknya tidak bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lihat saja perilaku pengendara selama arus mudik masih jauh dari sabar, karena tidak sabar maka saling serobot lajur masih menjadi pemandangan yang biasa.

944032931bbe6f187cf7ca633154a69d_macet-lebaran-004Jalur jalan raya nasional minimal terdiri dari dua lajur, lajur kanan untuk kendaraan yang lebih cepat sedang lajur kiri untuk kendaraan yang lambat termasuk sepeda motor. Namun ketika memasuki simpang empat biasanya ketentuan tersebut diabaikan, karenanya dua lajur dipenuhi untuk kendaraan roda empat sehingga sepeda motor menjadi terdesak. Kondisi tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah selama sepeda motor tetap diberi ruang antar kendaraan roda empat. Sehingga tetap berada pada lajur jalan raya.

2de1de616e3598814c9ead5636a426cb_macet-lebaran-005Namun karena sikap tidak sabar, maka kendaraan roda empat ada yang menyerobot bahkan ke luar badan jalan untuk mendapatkan antrian yang lebih cepat. Perhatikan pada gambar di atas sedan berwarna putih menyerobot antrian sampai keluar badan jalan, sehingga mengganggu sepeda motor. Demikian pula karena lebih lincah dan gesit, ada pula sepeda motor yang menyerobot jalur bahkan melanggar marka jalan dua garis tanpa putus!

Patut kita acungi jempol sikap tegas polisi di jalur pantura pada arus mudik kemarin. Di daerah Tegal, dimana jalur jalan dipisahkan oleh devider pengendara sepeda motor menyerobot jalur sebelah kanan karena sepi kendaraan. Diikuti oleh puluhan sepeda motor lainnya. Namun tidak lama kemudian puluhan sepeda motor tersebut balik arah. Ternyata di ujung jalan ada petugas polisi yang meminta balik arah. Masih untung tidak ditilang! Terima kasih pak polisi.


TAGS menyerobot lajur beradab di jalan etika lalu lintas


-

Author

Follow Me