Jika Ada Petunjuk, Belok Kiri Jalan Terus Bung!

15 Aug 2012

4189a2b46af8a929949114aa2453e702_malioboro-kauman-034Menurut peraturan pada setiap persimpangan jalan yang ada lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas), pengemudi yang belok kiri dilarang jalan terus kecuali ada perintah lain (UU nomor 22 Tahun 2009 pasal 112 ayat 2).

Nah, di pertigaan selatan Universtas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dari arah barat (Stadion Kridosono) diberi tanda agar pengemudi yang belok kiri untuk jalan terus. Dan bahkan dibuatkan lajur khusus bagi pengendara yang akan belok kiri. Namun sayangnya lajur tersebut malah digunakan untuk berhenti oleh pengendara yang akan lurus ke jalan Langensari, ketika lampu APILL berwarna merah.

Tentu saja keadaan ini mengganggu pengendara lain yang akan belok kiri, terutama kendaraan roda empat akan kerepotan melintas. Di samping patuh terhadap rambu lalu lintas, pengendara nampaknya juga harus bertenggang rasa dan jangan menyerobot lajur pengendara lain. Sikap yang masih sulit diwujudkan oleh sebagian (besar) pengendara.

Catatan:

Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas adalah perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat bunyi untuk mengatur Lalu Lintas orang dan/atau Kendaraan di persimpangan atau pada ruas Jalan.


TAGS lampu APILL belok kiri jalan terus


-

Author

Follow Me